1. Hardware[Kembali]
2. Rangkaian Simulasi[Kembali]
3.Flowchart[Kembali]
4. Listing Program[Kembali]
#include <LiquidCrystal.h> //Deklarasi library LCD
#include <Keypad.h> //Deklarasi library keypad
const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 3; //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3'},
{'4', '5', '6'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3
{'7', '8', '9'},
{'*', '0', '#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom
// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali
// Set baris dan kolom LCD
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1, 2);
lcd.setCursor(4, 3);
lcd.setCursor(0, 0);
}
void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang
char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad
if (key) { //Kondisi pilihan jika keypad ditekan
lcd.print(key); //Menampilkan input dari keypad pada LCD
}
}
5. Video[Kembali]
6. Kondisi[Kembali]
Percobaan Menggunakan Arduino Atmega 328p dengan menampikan angka dari keypad yang akan ditampilkan pada layar LCD.
Percobaan dilakukan dengan memasukkan library lcd dan keypad kedalam pemograman arduino kemudian kami mendeklarasikan pin kolom dan bari dari keypad. keypad baris terdiri dari 3 input dan kolom terdiri dari 4. Keypad tersebut dirancak berbentuk array , maka jika ditekan maka keypad yang seperti button akan menyambungkan arraynya tersebut untuk menampilkan angka yang kami inginkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar